Resep Kapurung a.k.a papeda ala sulawesi - fenti bandaso

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Kapurung a.k.a papeda ala sulawesi - fenti bandaso
  • Resep Kapurung a.k.a papeda ala sulawesi oleh fenti bandaso

    Berikut ini adalah resep Kapurung a.k.a papeda ala sulawesi. Resep Kapurung a.k.a papeda ala sulawesi yang dibuat oleh fenti bandaso bisa disajikan 4 porsi.



    bahan dan cara membuat Kapurung a.k.a papeda ala sulawesi


    Resep Kapurung a.k.a papeda ala sulawesi


    Porsi: 4 porsi

    Bahan-bahan

    1. 100 gr sagu aren (saya menggunakan tepung sagu karena sulit mendapatkan sagu aren)
    2. 1 ekor ikan bandeng ukuran sedang
    3. 250 gr udang
    4. 2 ikat kangkung
    5. 1 ikat bayam hijau
    6. 1 ikat selada air (optional)
    7. 100 gr jagung manis serut
    8. 100 gr lombok (atau sesuai selera)
    9. 200 gr tomat
    10. 2 cm kunyit, parut
    11. 10 siung bawang merah
    12. 10 siung bawang putih
    13. secukupnya garam
    14. secukupnya kemangi
    15. secukupnya terasi
    16. 100 gr kacang tanah sangrai
    17. 1 buah jeruk nipis
    18. 1500 ml air

    Langkah

    1. Bersihkan bandeng dari sisik, insang dan isi perutnya. Cuci bersih kemudian rebus dengan 500 ml air. Tambahkan parutan kunyit dan 1buah tomat yang sudah dipotong. Masukkan serai, masak hingga mendidih. Sisihkan

    2. Cuci bersih sayuran yang sudah dipotong. Bersihkan udang, buang kepala dan ekornya, cuci bersih. Rebus jagung serut dengan 500 ml air hingga mendidih, tambahkan garam, bawang merah dan bawang putih. Setelah jagung sudah empuk, tambahkan udang. Setelah udang tampak kemerahan Masukkan sayuran +/- 3 menit. Pisahkan kuah dari sayur, udang dan jagung. Sisihkan

    3. Cairkan tepung sagu dengan dengan air kemudian rebus hingga matang dan mengental seperti lem. Jika sudah matang tepung akan berubah warna menjadi bening.

    4. Campurkan kuah ikan dan kuah sayur. Bentuk bulat adonan sagu dengan menggunakan sendok atau sumpit. Masukkan dalam kuah. Ulangi terus sampai adonan habis.

    5. Uleg lombok, garam dan terasi. Setelah halus tambahkan kacang, kemangi dan teri. Uleg kembali. Cabik-cabik ikan bandeng yang sudah direbus. Masukkan campuran lombok+kacang+teri ke dalam kuah ikan yang sudah bercampur sagu. Aduk rata. Masukkan ikan bandeng yang sudah cabik. Masukkan udang, sayuran hijau dan jagung. Aduk kembali. Beri perasan jeruk nipis. Siap dihidangkan.




    Itulah Resep Kapurung a.k.a papeda ala sulawesi, Semoga saja berguna untuk anda.Untuk menemukan berbagai resep lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. Kami memiliki sekitar satu juta resep masakan yang pastinya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Kapurung a.k.a papeda ala sulawesi diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Kapurung a.k.a papeda ala sulawesi - fenti bandaso diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Kapurung a.k.a papeda ala sulawesi - fenti bandaso dengan alamat Url: https://lindawati-mtsn.blogspot.com/2017/09/resep-kapurung-aka-papeda-ala-sulawesi.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.