Resep Kerapu Kuah Asam By gracepurba

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Kerapu Kuah Asam By gracepurba
  • Resep Kerapu Kuah Asam oleh gracepurba

    Berikut ini resep cara membuat Kerapu Kuah Asam. Resep Kerapu Kuah Asam yang dibuat oleh gracepurba cukup untuk 6-8porsi.



    gambar untuk cara membuat Kerapu Kuah Asam


    Resep Kerapu Kuah Asam


    Porsi: 6-8porsi

    Bahan-bahan

    1. 1 kg ikan kerapu (boleh diganti ikan laut lainnya)
    2. 6 siung bawang merah
    3. 3 siung bawang putih
    4. 1 buah cabe merah besar
    5. 3 buah cabe merah keriting
    6. Beberapa Cabe rawit (selera,boleh diulek atau dimasukkan utuh)
    7. 1/2 ruas jari kunyit
    8. 1 ruas jari jahe
    9. 1/2 sendok teh ketumbar
    10. 4 biji kemiri
    11. 1 ruas jari lengkuas
    12. 1 batang sereh
    13. 2 lembar daun salam
    14. 2 lembar daun jeruk
    15. Asam sayur sebesar jempol (boleh diganti belimbing sayur)
    16. 1/2 buah tomat
    17. 1 batang daun bawang

    Langkah

    1. Panaskan air di panci secukupnya dengan api sedang. Sambil menunggu air mendidih, potong ikan beberapa bagian (tidak terlalu kecil) lalu cuci bersih. Ikannya boleh diganti ikan laut lainnya, misalnya ikan kakap, ikan kakak tua, ikan sebelah, dll.

    2. Ulek/blender bumbu halus: bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe merah keriting, jahe, kunyit, kimir, ketumbar, (Untuk cabe rawit boleh diulek jika ingin pedas, tp klo untuk anak-anak rawitnya dimasukkan utuh, jgn lupa dibuang buntutnya). Cuci bersih daun salam dan daun jeruk. Geprek lengkuas dan sereh. Potong2 daun bawang dan tomat agak besar.

    3. Jika air sudah mendidih masukkan bumbu halus,asam (belimbing wuluh), lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk. Lalu masukkan ikan.

    4. Masukan garam, gula (boleh gula merah). Masukkan tomat dan daun bawang. Cicipi rasanya sampai sedap, jika kurang asam boleh ditambah asam sayur atau belimbing wuluhnya. Boleh ditambah airnya jika ingin banyak kuahnya. Tidak perlu ditambahkan penyedap rasa, karena sudah ada gula, garam, dan kaldu ikan. Matikan kompor jika sudah mendidih dan matang.

    5. Hidangkan selagi hangat. Selamat mencoba




    Demikianlah tadi Resep Kerapu Kuah Asam, Semoga berguna untuk anda.Untuk mencari resep yang yang lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. koleksi kami sekitar satu juta resep yang pastinya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Kerapu Kuah Asam diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Kerapu Kuah Asam By gracepurba diatas pada kategori resep berikut ini
       

    Anda sedang membaca Resep Kerapu Kuah Asam By gracepurba dengan alamat Url: https://lindawati-mtsn.blogspot.com/2017/05/resep-kerapu-kuah-asam-by-gracepurba.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.